NYARI DUIT YUK...!

TureProfit - Finance Your Dream

Laman

DAFTAR ISTILAH KOMPUTER 1

ActiveX
Sebuah teknologi yang dikembangkan Microsoft. ActiveX menyediakan tool untuk menghubungkan aplikasi desktop ke world wide web. Dengan memanfaatkan berbagai tool pemrograman (seperti Java, Visual Basic, dan C++), para pengembang perangkat lunak dapat menciptakan konten web yang interaktif. Sebagai contoh implementasi, ActiveX memungkinkan pengguna komputer untuk membuka dokumen Word dan Excel secara langsung di browser.

Add-ons
Software atau hardware tambahan yang berfungsi melengkapi kemampuan software atau hardware lain yang menjadi induknya. Add-ons juga lazim disebut sebagai plugins, extensions, snap-ins, atau istilah spesifik lainnya sesuai dengan nama yang diberikan vendornya. Contohnya Mozilla Firefox menggunakan add-ons dari vendor pihak ketiga untuk meningkatkan kemampuan web browsernya.

Adobe
Adobe Systems Incorporated (Adobe Inc.) adalah perusahaan yang dikenal luas sebagai vendor atau pembuat program-program komputer multimedia & internet. Adobe didirikan tahun 1982 dan kini berkantor pusat di San Jose, California, USA. Software yang dirilis Adobe umumnya sangat terkenal di seluruh dunia. format PDF adalah salah satu hasil inovasi Adobe, yang kini telah menjadi standar internasional dalam pertukaran dokumen.
Adobe Inc. pada tahun 2005 telah mengakuisisi Macromedia, sebuah perusahaan software yang juga cukup ternama. Sejak saat itu, software-software yang berlabel Macromedia (misalnya Flash dan Dreamweaver) pun berganti label dan menjadi jajaran produk Adobe.
Beberapa software populer yang termasuk dalam jajaran produk Adobe antara lain : Acrobat & Acrobat Reader,  Illustrator, Flash, After Effects, Photoshop & Photoshop Element, Dreamweaver, Premiere & Premiere Element, InDesign, Audition, Authorware, Director, Captivate, Fireworks, Freehand, HomeSite, InCopy, ColdFussion, Contribute, dan Flex.

American Standard Code for Information Interchange (ASCII)
ASCII merupakan standar untuk menetapkan bagaimana komputer menulis dan membaca karakter. ASCII digunakan untuk menyimpan file teks tanpa pemformatan. Standar ini dikembangkan oleh American National Standards Institute (ANSI). ASCII terdiri dari 128 karakter, baik berupa huruf, angka, tanda baca, dan kode khusus (biasanya pengetikannya disertai penekanan tombol Shift). Pada umumnya sistem operasi komputer menggunakan standar ASCII, kecuali Windows NT yang menggunakan standar unicode.

Aspect Ratio
Aspect Ratio adalah perbandingan lebar dan tinggi dari sebuah gambar video. Standar aspect ratio yang digunakan dewasa ini sangat beragam. Pada umumnya layar monitor komputer memiliki aspect ratio 4:3 dan 5:4. Aspect ratio 16:10 juga mulai banyak digunakan.

Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL)
Teknologi yang memungkinkan pengguna internet memperoleh akses berkecepatan tinggi menggunakan jaringan telepon yang telah ada. ADSL membagi saluran telepon menjadi dua bagian sehingga komunikasi data dan komunikasi suara dapat dilakukan secara bersamaan. ADSL merupakan bentuk penerapan teknologi DSL yang paling banyak digunakan. Pengguna internet rumahan dan UKM lazim menggunakan ADSL, Telkom Speedy adalah contoh ADSL yang paling populer di Indonesia. Disebut "asymmetric (tidak simetris)" karena kecepatan pengiriman data tidak sama, data yang diterima pengguna (downstream) lebih cepat dibandingkan data yang dikirimkan pengguna (upstream).

Avatar
Avatar adalah tampilan grafis berupa mahluk hidup, objek, atau simbol, yang menjadi lambang mewakili jati diri seseorang, biasanya di layanan chating atau forum. Pemakaian avatar biasanya difungsikan untuk menampilkan citra diri atau mood seseorang kepada publik di internet, tanpa harus menampilkan wajah / foto asli sang pengguna.

Backlinks
Sering disebut juga incoming links, yaitu link pada situs lain yang mengarah pada sebuah website. Backlinks sering digunakan sebagai bagian dari strategi SEO (optimalisasi mesin pencarian). Mesin pencarian menghitung jumlah backlinks yang dimiliki sebuah situs untuk mengukur popularitasnya.

Bandwidth
Ukuran kapasitas pengiriman informasi yang digunakan dalam dunia telepon, jaringan komputer, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Bandwidth biasanya diukur dalam satuan hertz (Hz) dan bits atau bytes per second (bps). Hz diukur berdasarkan rentang perbedaan frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi yang dipancarkan. Bps diukur berdasarkan jumlah bit atau byte data terkirim per detik.

BASIC
BASIC (beginner's all-purpose symbolic instruction code) merupakan keluarga bahasa pemrograman level atas. BASIC mudah dipelajari namun program yang dihasilkan biasanya relatif lambat saat digunakan. Ada beberapa jenis BASIC, di antaranya Turbo, Quick, atau Visual Basic. Bahasa pemrograman ini umumnya tidak digunakan pada pembuatan aplikasi skala industri.

Bitmap
Bitmap adalah jenis gambar yang tersusun dari sejumlah titik pixel (kependekan dari picture element). Pixel-pixel tersebut ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri dan membentuk pola tertentu. Pola yang terbentuk itulah yang menghasilkan atau menimbulkan kesan gambar. Tampilan bitmap mampu menunjukkan kehalusan gradasi bayangan dan warna. Oleh sebab itu gambar bitmap merupakan media elektronik yang paling tepat untuk perpaduan gradasi warna yang rumit, seperti lukisan atau foto digital.


Kelemahan bitmap adalah setiap tampilan tergantung pada resolusi gambar. Semakin tinggi resolusi gambar maka semakin halus nuansa gambar yang tertangkap. Oleh karena itu, perubahan dimensi (pembesaran dan pengecilan) gambar bitmap sangat berpengaruh pada kualitas gambar. Apabila gambar bitmap diperbesar, maka resolusinya akan berkurang sehingga timbul efek juged / bergerigi, akhirnya gambar menjadi kabur. Dibalik kelemahannya, gambar bitmap menyimpan kelebihan yaitu mampu menangkap nuansa warna dan bentuk yang natural. Penggunaan gambar bitmap sekarang telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, misalnya : foto yang dihasilkan dari kamera digital, video shooting, dan lain-lain.





Blog (web Log)
Website khusus yang berisi kumpulan catatan atau jurnal yang disajikan rapi dan terurut secara kronologis. Blog juga sering digunakan untuk merujuk aktivitas mengelola atau mengisi materi sebuah blog. http://garudastainles.blogspot.com/ merupakan contoh sebuah blog.

Blogger / Blogspot

Blogger atau Blogspot adalah layanan blog gratis yang disediakan Google. Melalui layanan ini, Anda dapat membuat jurnal online, menuangkan apa saja dalam bentuk tulisan, gambar, bahkan video. Blog yang tergabung di layanan Blogger ini dapat ditengarai dari nama subdomain blogspot.com di alamat blog. Anda dapat menemukan ribuan blog yang tergabung di layanan Blogger melalui direktori ini: Blogger Users.

Brightkite
Brightkite adalah layanan Social Networking berbasis lokasi, yang memberikan solusi mudah bagi seseorang untuk tetap berhubungan dengan teman dan menampilkan lokasinya. Brightkite bisa menampilkan informasi di mana saja Anda telah berada kepada rekan-rekan Anda. Layanan ini juga cocok diakses dari perangkat mobile, karena memang memprioritaskan mobilitas. Temukan orang dan lokasi-lokasi yang pernah dikunjunginya melalui layanan StatusReader.com: Brightkite Users.

Browser, Web Browser
Program yang dipakai untuk melihat dan menelusuri Web atau lokasi-lokasi lain di internet. Anda saat ini menggunakan browser untuk melihat halaman-halaman http://garudastainles.blogspot.com/ ini.

Captcha
Captcha (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) adalah sebuah gambar berisi kode angka atau huruf yang secara normal hanya bisa dibaca dan dimengerti oleh manusia. Captcha lazim digunakan pada form-form halaman web, seperti form login, form pendaftaran, form pesan, dan sejenisnya. Pemanfaatan captcha ditujukan agar form benar-benar diisi oleh orang yang seadng mengakses halaman tersebut dan menghindari spam atau pengisian form secara otomatis menggunakan program tertentu.

Cascading Style Sheets (CSS)
Bahasa penataan tampilan di dunia pengembangan web, digunakan untuk mengatur tampilan dokumen HTML agar tersaji secara lebih menarik dan cantik. CSS biasa digunakan untuk mengatur halaman web yang disusun melalui HTML atau XHTML, namun juga dapat diterapkan pada beragam jenis dokumen XML. Kode CSS dapat dituliskan langsung pada sebuah dokumen HTML atau disusun sebagai file independen yang dirujuk oleh dokumen HTML.

Clustering
Clustering adalah teknik atau metode menghubungkan beberapa komputer dan menjadikannya bertindak seperti sebuah mesin. Perusahaan-perusahaan besar sering meng-cluster server-servernya untuk mendistribusikan tugas komputasi yang intensif dan berisiko. Jika satu server dalam sebuah cluster gagal, maka sistem operasi dapat memindahkan proses ke server lainnya. Dengan demikian, pengguna dimungkinkan untuk dapat terus bekerja di saat server yang gagal sedang dalam proses pemulihan kembali.

CMYK
CMYK merupakan komposisi warna dari kombinasi empat warna, yaitu Cyan, Magenta, Yellow, dan Black. Gabungan antara warna cyan dan magenta akan menghasilkan warna biru. Gabungan warna cyan dan yellow akan menghasilkan warna hijau. Gabungan warna magenta dan yellow akan menghasilkan warna merah. Secara teori, gabungan antara warna ketiganya akan menghasilkan warna hitam. Model warna CMYK sering digunakan pada  printer.

Codec
Codec digunakan untuk menyandikan dan membaca sandi, atau mengompresi dan dan mengurai kompresi berbagai jenis data, terutama yang akan menghabiskan kapasitas ruang disk, seperti file suara dan video. Codec yang umum digunakan antara lain untuk mengubah sinyal video analog menjadi file video terkompresi (seperti MPEG), atau mengubah sinyal suara analog menjadi suara digital (seperti RealAudio).

Cost per Thousand Impressions (CPM)
CPM merupakan salah satu metode penghitungan pembayaran komisi penayangan iklan di internet. Norma perhitungannya adalah pengiklan atau broker iklan internet membayar komisi kepada mitra penayang iklan setiap 1.000 kali iklan tertayang di halaman web. Penayang iklan antara lain para pengelola website dan blog. Adapun broker yang populer untuk model ini antara lain Google AdSense dan AdBrite.

Crash
Crash adalah sebutan kejadian sistem komputer yang berhenti bekerja dan tidak bisa dioperasikan secara mendadak. Hal ini menyebabkan instruksi melalui mouse dan papan ketik tidak menghasilkan respon apapun.
Crash biasanya dipicu oleh sebuah kesalahan fungsi dari sebuah program atau piranti komputer. Beberapa penyebabnya antara lain karena hilangnya sumber daya, kode pemrograman aplikasi komputer yang kurang baik, atau proses komputer yang mengalami konflik dengan sistem operasi atau proses lainnya.


Decrypt
Merupakan proses mengubah kembali data terenkripsi menjadi data biasa yang dapat dibaca. Baca lebih lanjut penjelasan mengenai encrypt.

Delicious
Delicious adalah layanan Social Bookmarking, tempat untuk menyimpan, berbagi dan menemukan halaman-halaman web baru di internet. Delicious menyediakan fitur tag yang terpusat, sehingga orang dapat secara mudah menemukan sumber-sumber informasi baru di internet melalui tag yang tersaji secara terstruktur. Layanan delicius users ini bisa Anda gunakan untuk menemukan apa yang dibagi oleh para pengguna Delicious.

Digg
Digg adalah salah satu layanan social bookmarking terpopuler saat ini. Digg menjadi tempat berbagi konten web apa saja yang ditemukan orang di internet. Pengguna layanan ini bisa mendaftarkan link suatu halaman web yang disukainya, atau bahkan halaman web miliknya sendiri. Para pengguna layanan Digg secara demokratis akan memberikan penilaian (disebut vote) dan komentar mengenai link halaman web yang didaftarkan seorang pengguna. Contoh halaman web yang didaftarkan para pengguna Digg dapat Anda pantau di layanan ini; digg users.

Dynamic HyperText Markup Language (DHTML)
Teknik perancangan halaman web dengan mengombinasikan kode HTML, JavaScript, dan CSS sehingga diperoleh sajian web yang lebih dinamis. Misalnya pengunjung dapat mendrag komponen-komponen yang tampil di halaman web, menyajikan animasi sederhana, dan sebagainya.

Encrypt
Menyandikan atau mengacak informasi. Enkripsi merupakan bentuk pemanfaatan metode matematis untuk mengacak data sebelum dikirimkan melalui jaringan data sehingga data menjadi tidak dapat dibaca oleh orang, kecuali oleh pihak yang berwenang. Standar de-facto enkripsi pada lalu-lintas data di web adalah SSL (Secure Sockets Layer). Decrypt merupakan proses kebalikannya, yaitu mengubah kembali data terenkripsi menjadi data biasa yang dapat dibaca.

End User License Agreement (EULA)
Dokumen syarat dan kondisi yang harus disepakati pengguna sebuah software sebelum menginstalasi dan menggunakan software tersebut.

File Transfer Protocol (FTP)
Kemampuan transfer sejumlah file antar komputer secara cepat untuk berbagai keperluan. FTP menjadi salah satu layanan utama di Internet yang memungkinkan pengguna Internet untuk menyalin dan menempatkan file pada server Internet. Gunakan program klien FTP (FileZilla, Cute-FTP, WS-FTP) untuk login dan mengakses file di server FTP.

Flame (Flame War)
Situasi saat sebuah diskusi (biasanya di milis/newsgroup) berubah menjadi ajang debat yang tidak sehat. Debat tidak lagi membahas topik diskusi, tetapi memanas dan menjadi ajang pengiriman pesan yang saling menyerang antar personal. Hal ini biasanya dipicu karena adanya pelanggaran etiket di milis.

GIF Animation
Tipe file berformat GIF yang memungkinkan ditampilkannya serangkaian gambar menjadi objek animasi. Cara mudah, cepat, dan murah untuk membuat sebuah animasi. Merupakan gabungan beberapa file gambar dasar dengan ukuran tertentu yang diberi pengaturan waktu tampilan menggunakan software grafis tertentu.

Google SketchUp
Google SketchUp merupakan program modeling yang diperuntukkan bagi para profesional di bidang arsitektur, teknik sipil, pembuat film, pengembang game, dan profesi terkait. Program ini disediakan Google untuk dapat didownload secara gratis. Google SketchUp memiliki kelebihan pada kemudahan penggunaan dan kecepatan dalam melakukan desain, berbeda dengan program 3D CAD lainnya.

Hardware
Hardware merupakan perangkat keras yang berupa perlengkapan fisik atau piranti nyata yang menjadi bagian dari sebuah produk teknologi, misalnya komputer. Komputer sendiri dapat bekerja karena tersusun dari berbagai hardware, misalnya motherboard, power supply, sound card, dan sebagainya. Selain itu, terdapat juga hardware pendukung yang lazim disebut sebagai peripheral, yang memiliki fungsi khusus melengkapi fungsi hardware utama. Contohnya adalah printer, scanner, headset, dan sebagainya.

HyperText Markup Language (HTML)
Standar tata cara penulisan kode yang digunakan dalam menyusun halaman web. Melalui HTML, teks dokumen web dapat disusun, diatur formatnya, diberi gambar, suara, maupun rujukan ke sumber-sumber lain di Internet.

Identi.ca
Identi.ca adalah layanan Micro Blogging serupa Twitter, yang dibangun menggunakan aplikasi open source bersumber dari free software StatusNet. Melalui layanan ini Anda bisa memposting catatan identi.ca user  singkat tentang diri, lokasi, aktivitas, atau apa saja yang Anda inginkan. Anda juga bisa berlangganan catatan rekan atau orang lain yang Anda minati, dan memantaunya baik via web atau RSS feed. Anda bisa menggunakan layanan StatusReader.com: untuk memantau catatan para pengguna Indenti.ca.

IP Address
Alamat atau nomor protokol Internet. Nomor khusus yang terdiri dari 4 bagian yang dipisahkan dengan tanda titik. misalnya 165.113.245.2. Setiap komputer yang terhubung ke Internet memiliki nomor IP tersendiri. Nomor IP mempermudah Internet dan penggunanya untuk mengidentifikasi setiap komputer yang terhubung ke sana. Untuk mengetahui IP Address komputer Anda secara cepat, klik link ini: Whatismyip.com.

Jaiku
Jaiku adalah layanan social networking, micro-blogging dan lifestreaming serupa dengan Twitter. Jaiku memungkinkan para penggunanya menciptakan keakraban melalui pembicaraan yang diposting lewat status. Sama seperti di Twitter, pengguna dapat saling terhubung dan mengupdate status lewat web, SMS maupun program desktop. Topik pembicaraan para pengguna layanan ini dapat Anda temukan di direktori: Jaiku Users.

Javascript
Bahasa pemrograman sederhana yang dikembangkan oleh Netscape untuk meningkatkan interaktivitas halaman web. Javascript menggunakan karakteristik bahasa Java, namun tetap independen. Javascript diterapkan pada HTML untuk menghasilkan konten web yang dinamis dan atraktif.

Kernel
Kernel merupakan perangkat lunak inti atau dasar dari sebuah sistem operasi yang berperan sebagai pengelola sumber daya sistem di komputer. Kernel mengatur komunikasi antar komponen hardware dan software. Contoh kernel yang populer saat ini adalah gnu/linuk.

Keyword
Kata kunci pada sebuah perintah pencarian. Keyword ditelusuri dalam berbagai tata urutan. Berikan spasi untuk memisahkan beberapa kata kunci dalam sebuah operasi pencarian.

Link, hyperlink
Alamat sebuah lokasi di internet (URL) yang disisipkan pada dokumen untuk menghubungkan dokumen ke dokumen di lokasi lain. Link biasanya dapat ditengarai dari munculnya perubahan warna pada sebuah teks atau munculnya ikon telapak tangan saat pointer mouse diarahkan pada sebuah link. Tindakan klik pada link akan menghasilkan tampilan dokumen di lokasi tujuan. Link dapat merujuk sebuah lokasi lain di halaman yang sama, halaman yang berbeda, atau sebuah alamat email.

Linux (GNU/Linux)
GNU/Linux atau sering disingkat Linux adalah sistem operasi yang bersifat open source. kenel (inti dasar sistem operasi) Linux dikembangkan pertama kali pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Kernel Linux selanjutnya menggunakan utility dan library sistem operasi GNU yang telah dikembangkan sejak tahun 1983 oleh Richard Stallman. Maka selanjutnya Linux diberi nama alternatif GNU/Linux sebagai tanda bahwa Linux dikembangkan menggunakan lisensi publik GNU (GPL).
Linux kini telah berkembang menjadi sistem operasi Open Source yang sangat populer, yang dikembangkan secara gotong-royong oleh berbagai kalangan di seluruh dunia. Mengingat Linux dikembangkan secara terbuka, maka hadirlah berbagai jenis Linux, yang disebut dengan Distro (distribusi). Berbagai distro Linux yang ada saat ini tetap menggunakan GNU/Linux sebagai sistem operasi utama, adapun perbedaan distro-distro yang ada hanya terletak pada paket aplikasi komputer dan cara pengelolaan sistemnya.

Beberapa distro Linux yang populer dewasa ini adalah Ubuntu, Debian, Fedora (RedHat), SuSE, Mandriva, dan Slackware. Informasi terkini tentang berbagai distro Linux dan rilis-rilisnya dapat ditemukan di situssitus distro wacth.





Metadata
Metadata adalah informasi tambahan yang menyertai dan mendeskripsikan tentang sebuah data tertentu. Misalnya, sebuah gambar memiliki metadata yang menginformasikan seberapa besar ukuran file gambar, kedalaman warnanya, resolusinya, kapan dibuat, dan sebagainya. Contoh lain, metadata sebuah dokumen teks berisi informasi tentang seberapa panjang dokumen tersebut, siapa yang membuat, kapan ditulis, dan ringkasan isinya. Adapun metadata pada halaman website adalah bagian yang dituliskan pada tag meta di bagian header halaman web, misalnya deskripsi singkat tentang website dan keywordnya.
Metadata direkam komputer secara otomatis saat sebuah file dibuat, sehingga bisa diketahui kapan file dibuat, siapa user pembuatnya, berapa ukuran filenya, demikian juga ekstensinya. Namun demikian, metadata juga dapat disusun secara manual. Untuk mengedit dan membaca metadata sebuah file, digunakan software pengolah metadata (contohnya http://geology.usgs.gov/tools/metadata/). Sebagian informasi metadata juga bisa kita baca dengan melakukan klik kanan > Properties pada file tersebut.


MAC Address
MAC Address kepanjangan dari Media Access Control Address. MAC address adalah sebuah nomor identitas hardware yang unik, digunakan untuk membedakan setiap perangkat yang ada di dalam jaringan komputer. MAC address secara pabrikan dipasangkan ke setiap kartu jaringan (misalnya kartu Ethernet dan kartu Wi-Fi), oleh karena itu tidak dapat diganti.
Mengingat ada jutaan perangkat jaringan dan masing-masing perangkat perlu diberi MAC Address tersendiri, maka harus ada rentang alamat yang sangat luas. Untuk itu, MAC address disusun atas enam buah -digit ganda- nomor hexadecimal yang dipisahkan oleh tanda titik dua. Contoh alamat MAC address adalah seperti berikut: 00:0d:83:b1:c0:8e. Alamat ini secara otomatis akan dikenali oleh jaringan.


Mac OS
Mac OS adalah sistem operasi yang digunakan pada komputer Macintosh. Mac OS telah digunakan sejak komputer Macintosh pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan Apple pada tahun 1984. Setelah itu, Mac OS terus dirilis dengan nama seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Mac OS merupakan sistem operasi yang sangat terkenal karena kemudahan penggunaannya.
Pada akhirnya, Apple memutuskan untuk merombak total sistem operasi ini. Pada bulan Maret 2001 Apple memperkenalkan sistem operasi hasil rombakannya dengan nama Mac OS X. Tidak seperti versi sebelumnya, Mac OS X dikembangkan berdasarkan kernel Unix dengan beberapa fitur tambahan.


Micro Blogging
Micro Blogging merupakan blog multimedia yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan teks singkat, foto, atau audio agar dipublikasikan kepada khalayak umum atau terbatas pada sesama anggota. Disebut micro karena teks yang dipublikasikan relatif singkat, biasanya berisi sebaris kalimat mengenai keaadaan, mood, komentar singkat tentang sesuatu, atau status singkat yang menjelaskan apa yang sedang dilakukan sang pengguna. Contoh Micro Blogging yang populer saat ini adalah Twitter dan Plurk.

Microsoft
Microsoft Corporation adalah raksasa industri pembuatan software komputer. Microsoft yang berkantor pusat di Redmond, Washington, USA, didirikan pada tahun 1975 oleh Bill Gates dan Paul Allen, dan mulai dikenal berkat sistem operasi MS-DOS-nya.
Microsoft sangat populer bagi setiap pengguna komputer, baik yang menggunakan sistem operasi Windows buatan Microsoft, maupun kalangan non pengguna. Microsoft juga sangat dikenal karena paket aplikasi perkantoran, Microsoft Office. Microsoft juga telah melebarkan sayap bisnisnya di dunia publishing, hardware, bahkan video game.

Beberapa software populer yang termasuk di jajaran produk Microsoft antara lain : OS Windows (dalam berbagai rilis dan versi untuk PC, Server, dan PDA), Office (di antaranya Word, Excel, dan Powerpoint), game Age of Empires, Halo, dan Flight Simulator, dan berbagai aplikasi lingkungan pemrograman visual (di antaranya Visual Basic, Visual Foxpro, dan seri paket Visual Studio .NET).





Modem (MOdulator, DEModulator)
Perangkat yang menghubungkan komputer dengan saluran telepon. Modem memungkinkan komputer untuk berhubungan dengan komputer lain melalui jaringan telepon. Modem berfungsi mengubah sinyal digital ke sinyal analog agar dapat mengirimkan data melalui saluran telepon. Demikian sebaliknya, modem akan mengembalikan sinyal analog yang diterimanya menjadi sinyal digital agar data dapat disajikan di komputer.

Multiply
Multiply adalah layanan web paling tepat untuk mempublikasikan berbagai konten multimedia. Penggunanya bisa berbagi melalui posting blog, foto, video, dan musik. Pengguna juga bebas memposting review tentang film atau buku, event, dan sebagainya. Multiply menggabungkan layanan social networking dengan aplikasi pengolah foto, sehingga sangat tepat untuk menyimpan semua kenangan Anda. Silakan periksa di sini: Multiply Users.

Multitasking
Multitasking adalah pemrosesan beberapa tugas pada waktu yang bersamaan. Sebagai contoh, jika seseorang sedang menyetir, bertelepon lewat ponsel, dan sambil merokok secara bersamaan, maka orang tersebut melakukan multitasking.
Multitasking merupakan mekanisme kerja komputer. CPU komputer dapat menangani beberapa proses dalam waktu yang sama secara akurat. Proses yang dikerjakan tergantung pada instruksi yang diberikan oleh software komputer. Oleh sebab itu, untuk memanfaatkan kemampuan CPU secara maksimal, software yang digunakan juga harus memiliki kemampuan multitasking. Saat ini, berbagai software sistem operasi sudah memiliki kemampuan multitasking. Itulah sebabnya, saat ini Anda bisa browsing di halaman web SmitDev, chatting, sambil mendengarkan musik secara bersamaan.


MySQL
MySQL adalah sistem manajemen basis data relasional yang bersifat open source. MySQL didasarkan pada Structure Query Language (SQL), yaitu bahasa untuk menambah, menghapus, dan mengubah informasi di dalam basis data. Perintah standar SQL seperti ADD, DROP, INSERT, dan UPDATE bisa digunakan di MySQL.
MySQL bisa dipakai untuk beragam jenis aplikasi, namun paling banyak digunakan pada server web. Website yang menggunakan MySQL bisa menyajikan halaman web yang informasinya bersumber dari basis data. Halaman web jenis ini disebut halaman web dinamis, karena konten halaman web dihasilkan dari basis data.
Pada umumnya, website yang menggunakan MySQL juga berpasangan dengan bahasa pemrograman web PHP. Perintah MySQL bisa digabungkan dalam perintah PHP sehingga sebuah halaman web bisa diperoleh. Sebagai contoh, situs SmitDev.com ini dikembangkan menggunakan PHP dan MySQL. MySQL dan PHP menjadi pasangan ideal karena keduanya bersifat open source, sehingga gratis untuk digunakan dalam pengembangan website berbasis data.
       .....sambung lagi ke daftar istilah computer 2
TureProfit - Finance Your Dream

Entri Populer