NYARI DUIT YUK...!

TureProfit - Finance Your Dream

Laman

DAFTAR ISTILAH KOMPUTER 2

Netscape




Sebuah program web browser dan nama sebuah perusahaan. Netscape dikembangkan berdasarkan program MOSAIC yang dikembangkan oleh NCSA. Netscape dulu menjadi web browser terpopuler sebelum Internet Explorer mengambil alih donimasi pangsa pengguna.




Open Source Software
Perangkat lunak yang kode sumber pemrogramannya terbuka bagi setiap pengguna, sehingga tiap orang dapat melihat, mengubah, atau memodifikasinya. Ada berbagai jenis perangkat lunak Open Source, umumnya dibedakan berdasarkan ketentuan mengenai penyertaan kembali salinan kode sumber atau perubahannya. Pengertian software Open Source sering dirancukan oleh istilah software gratis.

Optical Character Recognition (OCR)
Kemampuan yang dimiliki program khusus untuk membaca dan mengubah materi teks pada file objek gambar menjadi file teks biasa. Jika sebuah dokumen di-scan, maka output yang diperoleh di komputer adalah file gambar. Program OCR berfungsi membantu Anda mengubah secara otomatis materi teks di dalam gambar hasil scan agar menjadi file teks yang bisa diolah. Tujuannya agar sumber teks dapat diambil tanpa harus menulis ulang secara manual. Tingkat ketelitian dan keakuratan hasil pembacaan program OCR sangat beragam dan tergantung juga pada sumber dokumen. Jika teks pada gambar terlalu kecil, buram, atau tidak bersih, maka kesalahan pembacaan mungkin saja terjadi. Meskipun demikian, pengeditan hasil OCR dianggap tetap lebih efisien dibandingkan jika menulis ulang sejumlah dokumen atau lembar kiriman fax secara manual. Contoh software OCR adalah ReadIris dan OmniPage.

PageRank (PR)
PageRank adalah algoritma tertentu yang digunakan mesin pencari Google untuk menentukan tingkat popularitas sebuah halaman web. Rentang nilai ranking yang diberikan adalah antara 0 hingga 10. Nilai 0 merupakan nilai terendah, biasanya dimiliki oleh situs baru. Nilai 10 merupakan nilai tertinggi, biasanya dimiliki situs terpopuler di dunia (tentunya antara lain Google.com).
Perhitungan nilai ranking popularitas sebuah situs antara lain berdasarkan jumlah dan kualitas link di situs-situs lain yang mengarah ke situs tersebut. Untuk mengetahui nilai ranking sebuah halaman web dapat dilakukan melalui berbagai tool online yang ada di internet (contoh Pemeriksaan PageRank), atau dengan menginstal Google Toolbar.

Partition
Partition atau partisi adalah bagian dari hard disk yang berfungsi sebagai unit terpisah. Sebuah hard disk dapat dibagi menjadi beberapa partisi. Masing-masing partisi berfungsi sebagai drive yang terpisah dan memiliki volume nama (misalnya di Windows bernama D:, E:, F:, dan sebagainya).
Tujuan pemartisian hard disk adalah untuk membuat ruang penyimpanan komputer menjadi lebih efisien. Dengan membagi ruangan sebuah hard disk, maka data dan sistem operasi dapat dipisahkan, sehingga penanganan kesalahan sistem operasi dan backup data menjadi lebih mudah. Dengan mempartisi sebuah hard disk, maka dalam satu komputer juga dapat diinstal beberapa sistem operasi yang berlainan (misalnya Windows dan Linux).

PHP
PHP adalah singkatan berulang dari "PHP Hypertext Preprocessor". PHP merupakan bahasa
pemrograman yang memungkinkan para pengembang web untuk membuat konten web yang dinamis dan dapat berinteraksi dengan database. PHP merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source. Teknologi PHP disebut dengan bahasa pengkodean server side, karena pemrosesan kode dilakukan di server web dan pengguna cukup mendapatkan hasilnya di tampilan browser. Teknologi sejenis lain yang cukup terkenal adalah JSP (Java Server Pages) dan ASP (Active Server Pages).

Ping
Ping adalah sebuah program yang membalas permintaan dari komputer lain melalui jaringan untuk melihat apakah sebuah komputer masih merespon. Jika ping mendapatkan balasan, berarti komputer yang dituju masih hidup atau terhubung. Ping dilakukan dengan jalan mengirimkan data dalam ukuran kecil.
Ping lazim digunakan untuk memeriksa koneksi antar komputer di dalam jaringan atau di internet. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan ping ke sebuah komputer dengan cara menjalankan Start > Run dan mengisikan baris perintah berikut: ping namadomain.com atau ping nomor-ip. Misalnya ping smitdev.com atau ping 68.180.206.184 (ini contoh IP Yahoo.com). Jika Anda terkoneksi, maka akan muncul baris Reply from ..., jika koneksi lambat maka akan muncul Timeout, dan jika tidak terkoneksi maka akan muncul pesan Destination host unreachable.

Plurk
Plurk adalah layanan online berbasis Social Networking dan Micro Blogging. Pengguna Plurk dapat menyajikan status terbaru kepada publik, baik berupa link atau teks sepanjang 140 karakter. Plurk bisa diibaratkan sebagai jurnal sosial mengenai aktivitas sehari-hari sang pengguna. Pengguna Plurk pun dapat berbagi bersama teman, saudara, maupun penggemar. Anda dapat menemukan contoh daftar pengguna layanan Plurk di sini: Plurk Users.

Podcasting
Salah satu bentuk penyiaran melalui Internet. Nama podcasting berasal dari kombinasi istilah iPod dan broadcasting. iPod merupakan player audio digital buatan Apple yang sangat populer, namun podcasting sendiri tidak mengharuskan pemakaian iPod dalam pemanfaatannya.

Portable Document Format (PDF)
PDF merupakan teknologi pemformatan dokumen yang dikembangkan oleh Adobe. Tujuan pengembangan PDF adalah agar tampilan sebuah dokumen dapat dilihat dan dicetak dalam berbagai sistem operasi komputer secara konsisten atau sama. Hal ini berbeda dengan berbagai jenis file dokumen lain yang tidak bisa dibaca di sistem operasi lain, atau dapat dibaca namun mengalami perubahan layout.
File PDF (*.pdf) saat ini sangat populer, terutama digunakan dalam pertukaran dokumen di internet. Untuk membaca dokumen PDF, digunakan software PDF Reader. Dewasa ini banyak tersedia PDF Reader, salah satunya adalah Adobe Acrobat Reader yang disediakan secara gratis oleh Adobe.

Qaiku
Qaiku adalah salah satu layanan Micro Blogging, seperti Twitter. Qaiku mengijinkan para pengguna untuk memposting pesan teks pendek atau pesan gambar. Posting pesan ini juga dapat dikomentari para pengguna lainnya. Jika dibandingkan dengan Twitter, Qaiku memiliki kelebihan di supportnya pada penggunaan multi bahasa, sehingga pesan pengguna dapat ditandai, ditelusuri, dan ditemukan berdasarkan bahasa yang digunakan. Coba temukan pesan-pesan penggunanya di sini: Qaiku Users.

Queue
Serangkaian antrian tugas yang menunggu untuk diproses, misalnya pada proses pencetakan.

Reddit
Reddit adalah layanan social bookmarking. Penggunanya bisa menyajikan link baru mengenai sebuah konten di internet. Pengguna lainnya selanjutnya akan memberikan vote untuk menentukan apakah ratingnya naik atau turun. Semakin tinggi perolehan vote, maka semakin besar peluang link halaman web tersebut muncul di halaman muka Reddit. Periksa daftar pengguna dan link yang disajikannya via layanan: Reddit Users.

Redirect
Proses pengalihan otomatis lokasi situs Internet yang dituju pengunjung. Lokasi pengalihan dapat menuju ke sebuah sub direktori, lokasi situs lain, atau bagian tertentu pada halaman web.

Registry, Windows Registry
Registry merupakan basis data yang dipakai sistem operasi Windows untuk meyimpan informasi tentang konfigurasi hardware, software, dan pengaturan-pengaturan pengguna. Registry terdiri dari 2 bagian, yaitu Key dan Value. Key menyerupai folder, digunakan untuk mewadahi value dan sub key. Value adalah nilai nama atau data yang tersimpan di dalam key. Susunan alamat sebuah key misalnya sebagai berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows.
Registry dapat diedit secara manual, yaitu dengan program regedit.exe atau regedt32.exe yang ada di folder Windows. Biasanya pengaksesan secara cepat dilakukan dengan menjalankan perintah regedit.exe melalui kotak Run (Start menu > Run).
Tujuan pengeditan registry sangat beragam, mulai dari keperluan untuk mempercepat proses tertentu hingga untuk membersihkan virus yang membandel. Pengubahan registry harus dilakukan secara hati-hati, karena kesalahan pengeditan dapat menyebabkan gangguan dan kerusakan pada sistem. Untuk lebih amannya, backup registry sebelum mengubah nilainya, atau gunakan tool untuk kebutuhan pengeditan registry.


RGB
RGB merupakan komposisi warna dari kombinasi tiga warna primer/aditif, yaitu merah, hijau, dan biru. Gabungan antara warna merah dan biru akan menghasilkan warna magenta. Gabungan warna merah dan hijau akan menghasilkan warna kuning. Gabungan warna biru dan hijau akan menghasilkan warna cyan. Gabungan ketiganya akan menghasilkan warna hitam. Warna yang dihasilkan dari kombinasi ketiga warna primer disebut warna sekunder/substraktif. Model RGB sering digunakan pada alat perekam visual seperti scanners, kamera digital, televisi, monitor, dan proyektor.

Rich Site Summary / Really Simple Syndication (RSS)
Dokumen web berbasis bahasa pemrograman XML yang digunakan untuk menampilkan informasi di web dalam format khusus agar dapat dipertukarkan dan diakses melalui aplikasi news reader, online RSS Feed Reader atau web browser yang support. RSS juga memungkinkan konten sebuah website atau blog untuk di-relay dan ditampilkan secara periodik oleh website lain, contohnya layanan Feed Syndication IndoFeed. RSS memungkinkan Anda untuk memantau informasi secara cepat pada blog, situs berita, dan situs web lainnya yang sering memperbarui kontennya secara rutin.

Rollover Image
Rollover image adalah gambar pada halaman web yang dapat berubah-ubah tampilannya sebagai reaksi atas pergerakan pointer mouse. Rollover image berbeda dengan animasi. Rollover image tersusun atas dua gambar berukuran sama. Gambar pertama tampil sebagai gambar default pada halaman web. Gambar kedua akan tampil setelah pointer mouse diarahkan pada area gambar pertama. Rollover image umumnya digunakan untuk menyajikan tombol pada halaman web.
Pembuatan rollover image dapat dilakukan melalui beberapa cara, misalnya melalui CSS dan menggunakan JavaScript. Program aplikasi desain web semacam Dreamweaver juga menyediakan fitur pembuatan rollover image.

Search Engine Optimization (SEO)
Teknik pembuatan dan peningkatan performa sebuah website agar memperoleh ranking tinggi di mesin pencarian, dan mempermudah calon konsumen atau pelanggan untuk menemukan website tersebut. SEO menggunakan berbagai teknik agar website memperoleh ranking yang lebih tinggi di hasil pencarian search engine. Semakin tinggi rankingnya semakin mudah sebuah situs web ditemukan.

Search Engine Results Pages (SERPs)
Search Engine Results Pages (SERPs) adalah halaman hasil pencarian, berupa daftar urutan link dan informasi singkat mengenai website-website yang ditemukan. Contohnya adalah halaman yang ditampilkan Google setelah Anda menjalankan perintah pencarian dengan kata kunci tertentu.

Secure Sockets Layer (SSL)
Protokol bagi pengiriman dokumen personal secara aman melalui internet. SSL bekerja dengan memanfaatkan kunci personal untuk menyandikan data yang dikirim. Protokol web terlindung ini didesain untuk memastikan informasi para pemegang kartu kredit tetap aman saat melakukan transaksi pemesanan di internet.

Social Bookmarking
Social bookmarking merupakan sebuah layanan web yang disediakan bagi pengguna internet untuk menyimpan, mengelola, mencari, dan mempublikasikan kembali alamat-alamat halaman web yang ditemuinya. Berbeda dengan fitur Bookmark / Favorites pada web browser yang dapat dipakai menyimpan daftar alamat web di komputer lokal pengguna, Social Bookmarking memungkinkan penyimpanan daftar halaman web secara online. Layanan social bookmarking umumnya memungkinkan penggunanya untuk memberikan informasi tambahan seperti komentar, tag atau kategori, dan deskripsi singkat mengenai halaman web yang ditandai.
Dewasa ini juga telah berkembang metode yang memungkinkan halaman-halaman web yang telah di-bookmark oleh seorang pengguna untuk diberi penilaian oleh pengguna lainnya (berupa voting), yang menunjukkan tingkat kepopuleran sebuah alamat halaman web di layanan bookmark tersebut. Contoh situs layanan Social Bookmarking adalah DIGG, Yahoo! Buzz, dan IndoFeed.

Social Networking
Social Networking merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu. Social networking lazim disebut sebagai jaringan pertemanan.
layanan social network biasanya berbasis web, dilengkapi dengan beragam fitur bagi penggunanya agar dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi. Contoh situs social networking yang populer dewasa ini antara lain Facebook dan Friendster.

Software
Software adalah piranti lunak atau perangkat lunak yang berupa sekumpulan prosedur untuk menjalankan tugas tertentu di dalam perangkat komputer atau perangkat teknologi lain. Software menjadi salah satu unsur penting dalam sebuah komputer atau perangkat teknologi lain. Software dapat berupa sistem operasi atau program komputer dengan kegunaan tertentu.

Spider
Program robot komputer, sering disebut dengan istilah crawler atau bot. Digunakan search engine untuk menjelajah web, mengunjungi situs-situs internet dan databasenya, dan memperbaharui database halaman web-halaman web di search engine. Spider mengumpulkan halaman baru, memperbaharui halaman yang telah terdata, atau menghapus halaman yang sudah kedaluarsa.

Spyware
Sesuai dengan namanya, spyware merupakan software yang dibuat untuk memata-matai komputer penggunanya. Spyware biasanya mengumpulkan informasi tentang kebiasaan browsing, pesan email, username dan password, serta hal-hal senada di komputer pengguna. Data tersebut kemudian dikirimkan ke tujuan tertentu melalui internet. Spyware dapat bersemayam di sebuah komputer karena beberapa sebab, antara lain karena pengguna mengeksekusi file attachment tertentu yang dilampirkan di sebuah email, atau menginstal software lain yang mengandung installer spyware.
Untuk mengantisipasi kehadiran spyware, instal program dari sumber terpercaya dan berhati-hati dalam mengeksekusi sebuah file program di attachment email. Untuk membersihkan spyware dari komputer, dapat digunakan software-software pembasmi spyware yang lazim disebut antispyware, misalnya Ad-Aware, Spyware Blaster, atau Spyware Doctor. Alternatif lain adalah dengan menggunakan Anti Virus yang memiliki fitur antispyware, misalnya Free AVG.

Structured Query Language (SQL)
SQL merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang digunakan untuk menyusun query database, melakukan pembaharuan, dan tugas-tugas pengelolaan lain yang berkaitan dengan database. SQL bukan sebuah bahasa pemrograman kompleks yang bisa membuat aplikasi sendiri, namun cukup andal untuk menciptakan fungsi interaktif di dalam program database lain. Contoh program database populer yang mendukung pemakaian SQL antara lain Microsoft SQL Server dan MySQL. Contoh penerapannya, daftar isilah computer ini dapat ditampilkan karena adanya perintah SQL di dalam aplikasi web SmitDev.

StumbleUpon
StubleUpon adalah salah satu layanan Social Bookmarking populer. Pengguna layanan ini bisa saling berbagi informasi halaman web, foto, atau video yang ditemuinya di internet. Layanan ini juga dilengkapi dengan fitur Social Networking, sehingga Anda pun bisa menemukan teman lama atau mencari teman baru sembari berbagi konten internet. StumbleUpon menjadi salah satu sumber rujukan pencarian website bagus. Contoh website yang dirujuk penggunanya bisa Anda periksa di sini: StumbleUpon Users.

Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)
Serangkaian protokol atau tata-aturan yang menjadi ketetapan standar Internet. Awalnya didesain bagi sistem operasi UNIX, namun sekarang software TCP/IP telah disertakan di setiap sistem operasi terkemuka. Agar dapat terhubung ke Internet, sebuah komputer harus memiliki software TCP/IP.

Troubleshooting
Troubleshooting merupakan cara menyelesaikan masalah pada sistem komputer atau piranti teknologi lain menggunakan metode yang sistematik. Pendekatannya adalah menemukan sumber permasalahan atau kesalahan agar nantinya dapat diperbaiki. Troubleshooting sering disalahartikan sebagai masalah itu sendiri, bukan metode penyelesaian masalahnya.
Ada beragam jenis permasalahan komputer dan troubleshootingnya, baik pada sisi hardware maupun software. Misalnya saat komputer dihidupkan, ternyata layar monitor tidak menyala. Troubleshootingnya adalah menemukan penyebab monitor tidak menyala, apakah karena kerusakan hardware, kesalahan sistem operasi, atau lainnya. Pemeriksaan kesalahan yang dilakukan misalnya memeriksa sumberdaya monitor, memastikan kartu VGA tidak kendor, memeriksa kabel VGA, atau membooting komputer melalui save mode. Perbaikan yang perlu dilakukan tergantung pada jenis kesalahan yang ditemukan, misalnya cukup dengan mengencangkan posisi kartu VGA dan kabel, atau harus mengganti salah satu komponen monitor yang rusak.

Tumblr
Tumblr adalah kombinasi antara layanan blog dan social network. Melalui layanan ini, pengguna dapat memposting teks, gambar, video, link, kutipan, bahkan audio. Pengguna Tumblr dapat saling berbagi apa saja, saling mengikuti update posting sesama pengguna melalui fitur Follow, dan memposting kembali (disebut reblog) apa yang telah diposting rekannya. Contoh posting blog pengguna dan reblognya dapat Anda pantau melalui layanan semacam ini: Tumblr Users.

Tweak, Tweaking
Tweak adalah aktivitas seseorang yang melakukan sedikit perubahan untuk meningkatkan performa sebuah hardware atau software. Aktivitas ini bisa diibaratkan melakukan fine tuning sebuah produk agar memberikan kinerja yang terbaik sesuai harapan orang tersebut.
Aktivitas tweak dewasa ini paling populer di dunia merakit PC. Tujuan umumnya adalah meningkatkan performa PC agar sedikit melebihi batas standar kemampuannya. Tweak juga banyak dilakukan pada sisi perangkat lunak, misalnya agar koneksi internet dapat melaju lebih cepat dari kecepatan yang biasa diperoleh sang pengguna internet.

Twitter
Twitter adalah layanan Social Networking dan Micro Blogging. Layanan ini memungkinkan Anda mengirimkan pesan singkat secara realtime kepada publik. Pengguna Twitter dapat saling berinteraksi dengan cara saling mengikuti status pesan yang diupdate lewat akun rekannya, yang disebut dengan Follow.
Melalui Twitter, informasi terbaru dapat tersaji dan tersebar secara cepat di internet. Selain menemukan rekan lama dan baru di Twitter secara langsung, Anda juga dapat mencari pengguna Twitter atau mempublikasikan status melalui layanan pihak ketiga, seperti di layanan StatusReader: Twitter Users.
 ..... sambung lagi ke daftar istilah 3
TureProfit - Finance Your Dream

Entri Populer