NYARI DUIT YUK...!

TureProfit - Finance Your Dream

Laman

DAFTAR ISTILAH KOMPUTER 3

Unicode
Unicode adalah standar agar komputer dapat melambangkan dan mengolah teks secara konsisten, dengan tersajikan dalam sistem penulisan paling umum di dunia. jika ASCII terdiri dari 128 karakter, Unicode terdiri dari 100.000 karakter.


Uniform Resource Locator (URL)
Alamat khusus setiap jenis dokumen di web. Alamat inilah yang diketikkan di browser pada kotak Address bar, Open, Location, atau Go To untuk menampilkan sebuah dokumen. Contoh lengkap susunan URL adalah : http://garudastainles.blogspot.com/search/label/istilah%20computer

Unique Visitor
Unique Visitor adalah seseorang yang sedang mengunjungi sebuah website. Jika dalam kurun waktu tertentu orang tersebut kembali mengunjungi website tersebut, dia tidak lagi dihitung sebagai pengunjung baru (tetap dianggap sebagai satu pengunjung yang sama). Metode penghitungan ini lazim digunakan untuk mengukur jumlah pengunjung pada sebuah website. Metode penghitungan unique visitor dimaksudkan agar tidak terjadi perhitungan berulang pada orang yang sama, sehingga dapat diperoleh data statistik pengunjung yang akurat.

Vector
Vector merupakan gambar yang tersusun oleh sekumpulan garis, kurva, dan bidang tertentu yang masing-masing didefinisikan secara matematis. Setiap garis, kurva, dan bidang tersebut dapat diberi atribut berupa fill dan stroke. Tampilan vector bersifat lebih kaku dibanding gambar bitmap, tetapi kualitas hasilnya tidak tergantung kepada resolusi gambar. Artinya gambar vector bisa diubah-ubah ke berbagai ukuran dan dapat dicetak pada tingkat resolusi besar. Gambar vector tidak akan kehilangan detail dan ketajaman gambar. Gambar vector merupakan pilihan terbaik saat menampilkan gambar-gambar dalam ukuran dan ketajaman tertentu.
Gambar vector memiliki keunggulan yaitu mempunyai warna-warna yang solid sehingga cocok untuk bentuk-bentuk sederhana, seperti logo, kartun, dan lain-lain. Di samping itu, file yang dihasilkan relatif kecil. Kelemahannya, karena yang dihasilkan kurva dan bentuk-bentuk matematis, gambar vector kurang dapat menampilkan gambar dan gradasi secara realitis atau natural.


Voice over Internet Protocol (VoIP)
Spesifikasi dan beragam teknologi yang dimanfaatkan agar pembicaraan telepon dapat dilakukan melalui jaringan komputer, khususnya Internet.

Wireless Fidelity (Wi-Fi)
Istilah populer bagi sebuah bentuk komunikasi data nirkabel. Pada dasarnya Wi-Fi adalah jaringan nirkabel.

WordPress
WordPress adalah layanan blog gratis yang sangat populer, sebanding dengan Blogger (Blogspot). Layanan blog gratis ini menggunakan aplikasi WordPress MU sebagai tulang punggung blog enginenya. WordPress menyediakan template, statistik, anti spam, dan fitur lainnya. Temukan blog-blog yang dimiliki para pengguna layanan WordPress di sini: WordPress Users.

World Wide Web (WWW)
World Wide Web atau lebih lazim disingkat Web adalah protokol bagi penyajian informasi di internet. Pada awalnya, web dikembangkan oleh lab CERN di Genewa, Swiss. Saat ini pengembangannya dilakukan oleh World Wide Web Consortium. Pada web, semua diwujudkan dalam hypertext (dalam format HTML) dan saling dihubungkan melalui URL. Anda sedang menggunakan protokol web saat mengakses halaman glossary ini.

XML (Extensible Markup Language)
Bahasa pengkodean bagi dokumen yang mengandung informasi terstruktur (data). XML menyajikan sistem yang sangat beragam untuk mendefinisikan dokumen kompleks dan struktur data. Merupakan metode penyajian informasi via Internet yang secara luas dapat diterima.

Yahooligans, Yahoo! Kids
Awalnya merupakan sebuah layanan web portal Yahoo! bagi anak-anak. Seluruh materi direktori telah diseleksi agar cocok bagi anak-anak. Situs ini juga menyediakan game, kartu ucapan digital, jadwal tayang film, serta materi-materi pendidikan bagi orangtua dan pengajar. Akhir 2006, Yahoo! telah mengubah nama Yahoologans! menjadi Yahoo! Kids.

YouTube
YouTube adalah layanan untuk berbagi video di internet. Melalui layanan ini, penggunanya dapat mengupload dan berbagi video kepada publik pengguna internet. YouTube berada dalam kelompok grup raksasa Google, dan menjadi layanan video online terpopuler saat ini. Pengguna YouTube bisa mengupload dan berbagi video melalui berbagai cara, seperti via website, perangkat ponsel, blog, atau email. Contoh pengguna dan video YouTube bisa Anda saksikan di: YouTube Users.

Z-buffer
Bagian dari memori video di dalam kartu grafis. Z-buffer akan melacak elemen tampilan layar mana yang bisa dilihat dan mana yang tersembunyi di balik objek lain.

ZIF socket
Zero Insertion Force (ZIF) Socket merupakan inovasi industri bagi teknik pemasangan chip microprocessor pada soket. Inovasi ini memungkinkan pemasangan dan pelepasan chip pada soket cukup dilakukan dengan pengungkit, tanpa harus menekan dan menarik menggunakan tenaga. Teknik ini dikembangkan karena cara lama dianggap beresiko. Pada perakitan, kesalahan penekanan chip pada soket dapat menyebabkan pin menjadi bengkok.

Zip
Salah satu tipe file terkompresi, digunakan untuk memampatkan file agar dapat disimpan dan dipertukarkan secara efisien. Data yang terkompres nantinya dapat digunakan setelah diurai kembali. Banyak software yang dapat digunakan untuk mengompres dan mengekstrak kembali file zip, misalnya WinZip dan WinRAR.
  .......... yang mau nambahin silakan tulis aja di komentar....
TureProfit - Finance Your Dream

Entri Populer